PROTAP – Propinsi Tapanuli

Pastikan Rakyat Ompui Tak Akan Punah

Sejak Propinsi Sumatra Utara digagas utuk dimekarkan menjadi 3 Propinsi oleh seorang Batak anggota DPRD Sumut di yahun 1957, yaitu oleh A. Situmorang, membuktikan adanya keinginan untuk membentuk pemerintahan otonomi sendiri dibawah naungan Negara Republik Indonesia. Perjalanan waktu menunjukkan bahwa Tanah Batak, khususnya Tapanuli ex-residen yang dibentuk oleh penjajah Belanda sepertinya berjalan di tempat dalam menikmati kemerdekaan setelah tertindas oleh penjajahan.

Desakan hati untuk maju diikrarkan dalam Kongres rakyat di Tarutung di tahun 2002, dan sepuluh Kabupaten ex-residen Tapanuli dengan semangat mengungkapkan keinginan untuk membentuk Protap. Sepuluh Kabupaten dan Kota spontan berencana untuk mewujudkannya tetapi ada beberapa kabupaten diam-diam saja karena mungkin saja dibenak mereka sudah ada unsur-unsur sara yang berkecamuk di sanubarinya.

Wacana dalam bentuk pro dan kontra berkembang ke permukaan sehingga semangat pembentukan Protap mengalami banyak kendala tak dapat menyatukan pikiran hingga tampaklah belang-belang yang melatar belakangi hambatan pencetusan pembentukan Protap tersebut.

Gondang sudah di-palu, langkah maju terseok-seok di atas kerikil-kerikil tajam perjuangan rakyat yang ingin merasakan sebenarnya arti merdeka dalam segala aspek kehidupan bernegara. Tahun 2006 menjadi kenyataan seperti pepatah Batak mengatakan “Patar songon indahan di balanga”, dan semakin jelaslah bahwa masyarakat Kab. Taput, Kab. Humbahas, Kab. Tobasa, Kab. Samosir ditinggal berjuang sendirian untuk Protap dengan segala gangguan administratif dan mental, sementara pemunculan wacana baru pembentukan Propinsi lain seperti Propinsi Tapanuli Barat dan Propinsi Sumatra Tenggara, dan propinsi lainnya tidak pernah dikomentari oleh masyarakat Protap, dan sebaliknya Protap seolah diharamkan di bumi Indonesia ini.

Bagaimana sejarah perjalanan Protap kedepan perlulah direnungkan secara mendalam, dan flow proses berikut ini mungkin menjadi wawasan bagi pengunjung, silahkan simak…

PROTAP-1

PROTAP-2

PROTAP-3

PROTAP-4

Selamat menantikan Protap atau lupakan selamanya !

Back home again

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: