Raja Na Nimiahan

Raja na nimiahan bagi orang Batak mungkin dapat diartikan sebagai pimpinan masyarakat yang selalu mendapat perlindungan Tuhan dan dicintai oleh masyarakatnya. Hal ini tergambara pada sosok seorang Bupati Taput Torang Lumbantobing atau lebih pamor dikenal masyarakatnya dengan sebutan Toluto.

Diberitakan bahwa hampir selama sebulan Bupati Taput Toluto menjalani pengobatan di Singapura karena penyakit jantung akut yang dideritanya. Penyakit yang mulai menyiksa ini dialaminya sejak awal tahun baru 1 Januari 2010 yang akhirnya harus mendapat perawatan di Singapura.

Kesembuhannya sepulang dari Singapura disambut oleh masyarakatnya dengan suasana suka layaknya menyambut kedatangan seorang raja, dan memang Toluto menjadi raja di daerahnya sebagai seorang Bupati di Kabupaten Tapanuli Utara.

Toluto mengakui bahwa hanya mujijat dari Tuhan yang membuat dia dapat sembuh dari penyakitnya. Pernyataan ini menggambarkan betapa parahnya penyakit yang dideritanya itu.

Kalau kita petik pernyataan Dandim 0210/TU Letkol Arh Ramses Lumbantobing, sebagai berikut: “ Ada yang mengendalikan kita yaitu Tuhan. Bupati kiranya semakin menyadari mujizat Tuhan itu tetap ada,” sebutnya. Pernyataan ini tentu semua meng-amin-kannya bahwa hidup ini tidaklah sebatas kemampuan mengatur diri sendiri dan ternyata ada kekuatan lain yang lebih besar.

Kalau demikian adanya, tentu diri sendiri tidak lagi untuk diri sendiri saja melainkan diperlukan juga untuk orang lain. Dalam hal ini Bupati Taput Toluto bukanlagi hanya untuk mementingkan dirinya sendiri tetapi harus mementingkan orang banyak yaitu rakyatnya, maka jadi pantaslah dia disebut Raja na nimiahan.

Sudahkah Bupati Taput Toluto pantas digelari sebagai Raja na nimiahan? Penggelaran itu bisa saja digelarkan rakyatnya kepadanya, dan bisa pula ditunda pemberian penggelaran itu. Ciri-ciri ke arah itu memang ada terlihat karena beliau sudah 2 x didaulat oleh rakyatnya untuk memimpin Tapanuli Utara menyongsong hari depan yang mengharapkan tercipta kemakmuran pada rakyatnya. Kemudian bahwa beliau luput dari rongrongan penyakit dan menurut pengakuannya memang hanya mujijat yang menyelamatkannya, hal inipun menunjukkan ada sesuatu yang belum diselesaikannya di dalam memimpin rakyatnya.

Setelah lebih dari sebulan ini beliau sembuh dari penyakitnya, maka rakyatnya tentu mengharapkan kepemimpinannya mampu mensinergikan aparat pemerintahannya untuk menggerakkan kehidupan masyarakat Tapanuli Utara mengejar ketertinggalan diberbagai bidang terutama yang berorientasi kepada kemakmuran rakyatnya.

Selamat Bekerja Bung Toluto; Cintailah Rakyatmu Yang Mencintaimu, Kasihilah Mereka, Supaya Anda Pantas Menjadi Raja Na Nimiahan.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: