SURAT TERBUKA KEPADA BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Sumatra Utara

Yth. Bapak Alimuddin Sidabalok, MBA.

Sekarang ini kita sedang berada di era Teknologi Informasi, sehingga dunia ini sebenarnya sudah sebesar daun kelor saja, jadi tidak lagi seperti pepatah dulu ‘Dunia Tidak Selebar Daun Kelor’. 

Disamping situs-situs resmi Pemkab-Kota di Sumatera utara maka situs BPS Sumut yang membawahi BPS Kab-Kota di Sumut merupakan salah satu pintu masuk untuk mengenal dalam arti positip semua potensi daerah di Sumut. Dalam hal ini BPS SUMUT dan BPS bawahannya menjadi salah satu akses untuk kemajuan Sumatra Utara secara umum dan Kabupaten- Kota khususnya. 

Pemerintahan termasuk Badan-badan seperti BPS secara langsung harus berperan utama untuk memajukan pembangunan geografi daerah dan rakyat daerah karena semua aparatnya memang disumpah untuk mengabdi kepada rakyatnya, bukan sebaliknya rakyat bersujud kepada aparat (Demos- Kratos). 

Kami sebagai salah satu diantara sekian banyak pengelola web-blog secara tulus ingin berfungsi sebagai kontrol-sosial demi untuk memajukan daerah tanpa ada niatan sedikitpun untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Oleh karena itu merasa perduli untuk memberitahukan kepada bapak tentang jajaran BPS Kab-Kota bawahan bapak atas  kepedulian mereka yang masih perlu dipertanyakan betapa pentingnya BPS berperan utama untuk memacu pertumbuhan segala sektor kehidupan masyarakat di daerah. 

Setelah kami mencoba mengakses seluruh BPS Kab-Kota di Sumut yang berjumlah 31 BPS bawahan, maka berikut inilah kenyataan yang ada: 

1. BPS Kabupaten-Kota yang tertutup untuk menginformasikan daerahnya, yaitu dengan memproteksi akses kepada umum, diantaranya: Nias, Nias Selatan, Mandailing, Tapsel, Padang Sidempuan, Tapteng, Labuhan Batu, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Tebing Tinggi, Binjai, Langkat. 

2. BPS Kabupaten-Kota yang masih belum diaksifkan situs internetnya, diantaranya: Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. 

3. BPS Kabupaten Kota yang masih menginduk ke BPS Sumut, diantaranya: Batubara, Nias Utara, Nias Barat, Gunung Sitoli. 

4. BPS Kabupaten-Kota yang sudah aktif berupaya menginformasikan potensi daerahnya, diantaranya: Sibolga, Taput, Tobasa, Humbahas, Samosir, Simalungun, Asahan, Deliserdang, Sergei, Tanjung Balai, Pematang Siantar, Medan. 

Sebagai masyarakat awam yang mungkin sebagai putra daerah yang ingin ikut partisipatif membangun daerah asalnya, atau mungkin saja para investor berkeinginan berpartisipatif untuk ikut membangun potensi daerah, atau mungkin saja para pelajar-mahasiswa yang memerlukan data daerah sebagai pendukung studinya, atau para peneliti yang ingin menganalisa untuk membuat skala prioritas pembangunan yang potensial ada di daerah, maka BPS dan atau Situs resmi masing-masing Pemda-Pemkot adalah pintu gerbang pertama untuk mengenal daerah itu. 

Oleh karena itu kami masih yakin bahwa bapak Bapak Alimuddin Sidabalok, MBA. adalah seorang yang memiliki integritas untuk menertibkan para aparat yang belum memahami arti pentingnya Teknologi Informasi untuk memajukan daerahnya masing-masing. Kalau boleh kami mengusulkan untuk membuka menu halaman interaktif disetiap situs BPS dibawah naungan bapak. 

Kami adalah administrator pengelola web-blog http://maridup.wordpress.com, https://bupatitaput.wordpress.com, http://batakone.wordpress.com, dengan akses e-mail: pangi.hutan@yahoo.com, dengan penuh rasa hormat mengucapkan terimakasih atas salah satu upaya bapak menghidupkan factual updated information tentang statistik Sumatra Utara secara umum dan khususnya statistik daerah Pemkab-Pemkot. 

HORAS, a/n Maridup Hutauruk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: